Home
news
Kiai Azaim Jalin Kerjasama Dengan Turkey dan Yordania

Kiai Azaim Jalin Kerjasama Dengan Turkey dan Yordania


Sabtu, 2017-04-15 - 11:08:44 WIB

IAII - KHR Ahmad Azaim Ibrahimy mengambil langkah terobosan, menjalin kerjasama internasional untuk pengembangan lembaga pendidikan Pondok Pesantren Salafiyah-Syafi’iyah Sukorejo.

Kiai Azaim mengunjungi pondok pesantren dan sejumlah perguruan tinggi ternama di Timur Tengah. Bersama Rektor IAII Sukorejo, Prof. Dr. Abu Yasid, Kiai Azaim mengunjungi Pesantren Sulaimaniyah di Turkey.

Kunjungan Kiai Azaim dan rombongan ke Turkey, sebenarnya hanya menindaklanjuti kunjungan Pimpinan Pondok Pesantren Sulaimaniyah ke Sukorejo 2012 silam. Pondok Pesantren Salafiyah-Syafiiyah Sukorejo dan Pondok Pesantren Sulaimaniyah, menjalin kerjasama bidang Tahfidzul Qur’an  atau menghafalan Alquran.

Menurut Rektor IAII Sukorejo ,Kiai Azaim melakukan kunjungan ke sejumlah perguruan tinggi ternama di Yordania. Seperti Universitas Yarmuk, Universitas Alil Bayt dan International Institute of Islamic Toungt (IIIT).  IIIT ini merupakan lembaga publikasi internasional bidang pemikiran Islam.

Abu Yazid mengaku, bersama Universitas Yarmuk dan sejumlah universitas lainnya, IAII menjalin kerjasama bidang penelitian dan publikasi ilmiah. Selanjutnya, kerjasama lainnya yaitu akan memfasilitasi dosen-dosen muda IAII Sukorejo, yang akan melanjutkan program 5000 doktor dari Kementerian Agama di sejumlah perguruan tinggi Timur Tengah.

Selama di Timur Tengah sejak 3 April lalu, Kiai Azaim beserta rombongan berada di Istambul Turkey selama empat hari. Selanjutnya di Yordania juga empat hari. di Turkey Kiai Azaim bersama romobongan berziarah ke makam Sahabat Nabi Khalid bin Zaid Abu Ayyub Al-Anshari. Sahabat Abu Ayyub merupakan Sabahat Nabi yang pertama kali membukakan pintu rumahnya, saat  Nabi Muhammad hijrah ke Madinah.

Sedangkan di Yordania, Kiai Azaim bersama rombongan ziarah ke makan Nabi Syu’aib AS, Nabi Ayyub AS, Nabi Yusa’ bin Nun, Gua Kahfi, Laut Mati dan Petra. di sekitar pantai laut mati tersebut, diyakini menjadi lokasi penduduk kaum Nabi Luth.


Share Berita


Komentari Berita