header-int

DEBATER MASA SEKARANG ADALAH PEMIMPIN MASA DEPAN

Minggu, 01 Sep 2019, 05:58:57 WIB - 92 View
Share
DEBATER MASA SEKARANG ADALAH PEMIMPIN MASA DEPAN

Debater masa sekarang adalah pemimpin masa depan, begitulah Slogan Qatar debater yang membuat para pemerhati bahasa terpicu semangatnya untuk berlomba-lomba menjadi seorang debater baik ditingkat Nasional maupun Internasional, seperti halnya UIN Maliki Malang, UIN Syaraf Hidayatullah Jakarta, dan UII Jogjakarta yang sering andil ditingakat Nasional dan Internasional, dan sejak tahun 2019 lomba depat yang diselenggarakan di UII tidak lagi tingkat Nasional, melainkan sudah tingkat Asean.

Banyak kampus-kampus lain yang mulai terpicu semangatnya untuk berpatisipasi dan bersaing bersama mereka, diantaranya adalah Universitas Ibrahimy Sukorejo Situbondo, tanggal 29 - 30 Agustus 2019 Universitas tersebut mengadakan pelatihan debat model terbaru, sebagaimana yang dijadikan patokan di Negara Qatar.

Pelaksanaan pelatihan tersebut diikuti oleh beberapa mahasiswa dan mahasiswi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah Universitas Ibrahimy, sengaja tidak melibatkan semua mahasiswa dan mahasiswi dengan tujuan: materi terserap secara merata dan sempurna, lebih fokus, dan tathbiq dapat terlaksana semaksimal mungkin, sehingga nanti mereka dapat menularkan kepada teman-temannya.

Para pelatih merupakan tim debater UIN Maliki Malang yang teridiri dari 4 orang:

1. Imam Athoir Rokhman (Debater/ pendiri komunitas debat bahasa Arab  UIN Malang).

2. Imamuddin Mukhtar (Debater/ pelatih debat/ juri debat internasional UIN Malang)

3. M. Bagus Ainun Najib (Debater/ pelatih debat UIN Malang)

4. Ahmad Zahruddin (Debater/ pelatih debat UIN Malang).

 

Kegiatan ini sangat diapresiasi oleh beberapa pihak, diantaranya Nyai H. Sari As'adiyah, beliau merupakan Ibu pengasuh PP. Salafiyah Syafi'iyah yang selalu memimpikan bahasa Arab di pesantren tersebut tidak hanya berkembang di aspek qiroah, -yang mana dalam hal ini adalah membaca kitab kuning,- melainkan juga berkembang diaspek kalamnya. H. Aso Syamsuddin, M.Pd.I, dekan Fakultas Tarbiyah, ditengah-tengah kesibukannya masih menyempatkan berjumpa dengan para pembimbing debater, guna merpetanyakan kondisi, perkembangan selama pelatihan, dan progres ke depannya. Beliau berharap mereka dapat ke Sukorejo kapan saja untuk melalukan pembimbingan. Dipenghujung pertemuan dekan Fakultas Tarbiyah berucap "kenapa kita berjumpa dipenghujung cerita, kalian hanya akan menebar rindu."

Dengan adanya pelatihan tersebut, yang berlangsung selama 2 hari 1 malam, semoga dapat memberi cahaya baru bagi Universitas Ibrahimy Situbondo, khususnya Fakultas Tarbiyah Prodi PBA, yang kesemuanya berada dibawah naungan Pesantren Salafiyah Syafi'iyah Sukorejo Situbondo.

 

Sukorejo, 30 Agustus 2019

Katib PBA

 

Amirul Mukminin

Unidha Universitas Ibrahimy - Pondok Pesantren Salafiyah Syafi`iyah - Sukorejo Situbondo Jawa Timur
© 2019 Universitas Ibrahimy Follow Universitas Ibrahimy : Facebook Twitter Linked Youtube