header-int

KKN di Luar, DPL Ikuti Workshop Bersama Reviewer Pengabdian Masyarakat Kemenag RI

Jumat, 04 Mar 2022, 09:30:41 WIB - 337 View
Share
KKN di Luar, DPL Ikuti Workshop Bersama Reviewer Pengabdian Masyarakat Kemenag RI

LPMI-  Kuliah Kerja Nyata (KKN) mahasiswa Universitas Ibrahimy akan dilaksanakan di luar komplek Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo. Semua mahasiswa KKN ini akan disebar di 89 Posko, dan akan didampingi oleh 65 Dosen pembimbing Lapangan (DPL). 

Sebelum memberikan pembekalan terhadap peserta KKN, Panitia KKN mengadakan pembekalan terhadap Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) terlebih dahulu. Pembekalan ini diadakan dalam rangka memantapkan pemahaman, dan agar supaya sevisi bagaimana arah kebijakan pengabdian nanti ketika KKN. Pembekalan ini dibungkus dalam acara Workshop Dosen Pembimbing Lapangan KKN Universitas Ibrahimy Tahun 2021/2022 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik,  Gerakan Masjid Sejahtera Mandiri (Gema Santri), Kemarin, Minggu (06/02) di ruang Workshop SMK Ibrahimy 1 Sukorejo  Lantai II dengan narasumber Prof. Dr. Hj Mufidah ch., M.Ag. Mantan Ketua LP2M (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat) UIN Malang sekaligus reviewer Pengabdian Masyarakat di Kementerian Agama.

Acara yang beranggotakan DPL  ini, berupa diskusi yang dipimpin langsung oleh Narasumber (Prof. Dr. Hj Mufidah ch., M.Ag., red;), dimulai sekitar jam 09:00 WIB dan selesai sekitar jam 14:30  WIB. Sebelum diskusi dimulai, Lora Ahmad Fadhail (Sapaan akrab Rektor Universitas Ibrahimy, red;) memberikan kata sambutan. Setelah itu, Narasumber mulai menyampaikan Materinya. Dalam pemaparannya, narasumber menyampaikan beberapa poin penting terkait dengan pembekalan KKN ini, salah satunya ialah yang mengatakan bahwa mahasiswa harus bisa mempertahankan integritasnya nanti ketika telah membaur dengan masyarakat di mana mereka melaksanakan KKN. “Mahasiswa harus bisa menularkan hal-hal yang positif kepada masyarakat dan lingkungan sekitarnya.” Tutur beliau kepada seluruh DPL yang hadir.

 Setelah penyampaian materi selesai, narasumber mempersilahkan kepada DPL untuk bertanya. “Sebelum kita break, saya persilahkan kepada para DPL untuk bertanya. Saya anjurkan untuk bertanya, agar apa yang saya punya saya keluarkan disini.” Ungkap narasumber menantang. Karena tantangan itu, banyak dari para audien yang bertanya. Namun demikian, tidak ada satu pertanyaan pun yang tidak bisa dijawab.

 Tujuan diadakannya acara ini ialah untuk mempersiapkan dan memantapkan pemahaman hal-hal yang terkait dengan KKN, sebelum nantinya memberi pembekalan terhadap para peserta KKN. “Kami berharap kepada DPL untuk bisa memunculkan koor atau keahlian dari masing-masing prodi sesuai dengan jurusan yang diambil.” harap Bapak Miftahul Alimin, M.Pd. selaku Ketua Panitia KKN.

Peserta KKN ini rencananya akan dibagi menjadi II gelombang. Gelombang pertama akan diberangkatkan pada tanggal 22 Februari 2022, sedangkan gelombang kedua pada tanggal 14 Maret 2022. “Kami harap KKN ini bisa berjalan dengan lancar kemudian sesuai dengan standar pengabdian dan kami juga berharap kepada mahasiswa agar mampu menunjukkan skill yang telah didapat dari jurusan yang diambilnya. Misalnya dari jurusan komputer, kebidanan, kebahasaan, program apa yang harus diajukan itu harus bisa dilaksanakan.” pungkas Bapak Alimin.

Subhan Bashori/Reporter LPMI

Unidha Nob,defacer,
© 2022 Universitas Ibrahimy Follow Universitas Ibrahimy : Facebook Twitter Linked Youtube