header-int

PELEPASAN KKN 2019 UNIVERSITAS IBRAHIMY OLEH KHR. AHMAD AZAIM IBRAHIMY

Rabu, 14 Agu 2019, 08:07:30 WIB - 154 View
Share
PELEPASAN KKN 2019 UNIVERSITAS IBRAHIMY OLEH KHR. AHMAD AZAIM IBRAHIMY

SUKOREJO – Rangkaian kegiatan KKN 2019 Universitas Ibrahimy kembali digelar hari ini, Selasa, 13 Agustus 2014 di Auditoium KHR. As’ad Syamsul Arifin Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo Situbondo yang  dimulai pada pukul 07.30 s.d. 10.30 WIB.

Kegiatan kali ini adalah pelepasan peserta KKN oleh Pengasuh Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo Situbondo KHR. Ahmad Azaim Ibrahimy. Dalam kegiatan pelepasan ini turut hadir pula Ibu Nyai Hj. Nur Sari As’adiyah Fawaid dan para umana’ dilingkungan Pendidikan Tinggi Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo Situbondo, seperti Kepala Bidang Pendidikan Tinggi Drs. H. Mudzakiir Abdul Fattah, Rektor UNIB Sukorejo Prof. Dr. H.A. Yasid, MA., L.LM., Wakil Rektor I. Dr. Minhaji, M.Pd.I., Wakil Rektor II. Dr. Moh. Asro Maksum, M.EI., dan Wakil Rektor III. Drs. Munif Shaleh, M.Ag., beserta para pimpinan fakultas dan dosen di lingkungan Universitas Ibrahimy.

Dalam kegiatan pelepasan tersebut Pengasuh KHR. Ahmad Azaim Ibrahimy menyampaikan banyak hal sebagai bekal bagi peserta KKN saat nanti saat sudah berada di lokasi masing-masing. Beberapa diantara amanat beliau adalah, peserta KKN yang merupakan santri harus menjaga akhlak atau etika yang baik, jangan sampai membuat kesalahan sedikitpun yang akan membuat malu bahkan merusak nama baik guru bahkan pengasuh pesantrennya. Kiai Azaim juga meminta kepada seluruh peserta KKN untuk tidak terlibat dalam kegiatan politik apapun apalagi sampai membuat provokasi yang akan menyebabkan kericuhan di tengah-tengah masyarakat, Kiai Azaim sadar betul bahwa beberapa desa yang akan ditempati KKN tahun ini akan melaksanakan pemilihan kepala desa (Pilkades), baik di Situbondo maupun di Bondowoso.

Lebih lanjut dalam kesempatan tersebut beliau juga menyampaikan pengalaman-pengalaman beliau pada saat masih menjadi santri, terutama pada saat beliau bersama sahabat-sahabatnya melaksanakan pengabdian masyarakat di desa-desa, beliu bercerita pernah ditolak oleh beberapa oknum yang memang tidak suka dengan adanya syiar Islam di desa tersebut. Oleh karena itu, beliau mengingatkan kepada peserta KKN UNIB untuk tidak menjadi sok pintar dan akademis menghadapi masyarakat, tetapi peserta KKN harus mampu menyesuaikan diri, terutama dalam menggunakan pola komunikasi harus sesuai dengan tipologi masyarakat yang ditempati. Menurut beliau, keberhasilan KKN yang paling besar dan membanggakan adalah ketika peserta KKN mampu mengajak masyarakat melaksankaan shalat di Masjid-Masjid dan Mushalla-mushalla serta bisa melahirkan kader-kader yang nantinya bisa melanjutkan kegiatan keagamaan yang sudah diajarkan oleh peserta KKN setelah nantinya KKN 2019 berakhir.

Sementara itu Rektor Universitas Ibrahimy Sukorejo Situbondo Prof. Dr. H.A. Yasid, MA., L.LM., dalam sambutannya menyampaikan bahwa KKN ini adalah laboratorium bagi mahasiswa, sehingga dengan demikian mahasiswa harus mampu menggunakan semaksimal mungkin laboratorium tersebut dengan berbagai kegiatan positif, terutama mengimplementasikan keilmuan yang sudah didapat di bangku perkuliahan dengan baik sehingga manfaatnya bisa dirasakan oleh diri peserta sendiri lebih-lebih oleh masyarakat. Prof. Yasid juga mengingatkan kepada peserta KKN untuk menjaga nama baik almamater terutama nama baik Pondok Pesantren serta tak lupa mengingatkan untuk menjaga kesehatan dan keselamatan selama melaksanakan tugas KKN di tengah-tengah masyarakat.

Pada saat yang sama ketua Panitia Hariyanto, M.Pd. yang akrab dipanggil Pak Chori, menyampaikan bahwa pelaksanaan KKN tahun ini harus lebih baik dari tahun sebelumnya terutama sangat berharap bagaimana peserta tidak melakukan pelanggaran terhadap aturan pesantren, walaupun sedang melaksanakan KKN di luar, seluruh peserta ini adalah santri yang wajib mematuhi aturan pesantren. Misalnya, peserta KKN tetap dilarang menggunakan Hand Phon (HP) dan membawa Laptop, kecuali bagi peserta yang memang secara khusus memperoleh ijin dari pengasuh dan panitia.

KKN tahun 2019 UNIB Sukorejo Situbondo akan dilaksanakan mulai tanggal 14 Agustus s.d. 24 September 2019 di Kecamatan Pujer, Telogosari dan Taman Krocok Kabupaten Bondowoso dan Kecamatan Kendit, Panarukan, Panji dan Banyuputih Kabupaten Situbondo. Pemberangkatan akan dilaksanakan pada hari Rabu, 14 Agustus 2019 di halaman kantor pusat pesantren untuk peserta putri dan halaman kampus UNIB untuk peserta putra pada pukul 07.00 WIB.

DNews

Unidha Universitas Ibrahimy - Pondok Pesantren Salafiyah Syafi`iyah - Sukorejo Situbondo Jawa Timur
© 2019 Universitas Ibrahimy Follow Universitas Ibrahimy : Facebook Twitter Linked Youtube