header-int

Sastra Sebagai Gambaran Kehidupan Yang Riil

Senin, 15 Apr 2019, 14:08:58 WIB - 354 View
Share
Sastra Sebagai Gambaran Kehidupan Yang Riil

Sukorejo- Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Balai Bahasa Jawa Timur, bekerja sama dengan Lembaga Peneletian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Ibrahimy (UNIB), adakan Bimbingan Teknik (BIMTEK) kritik literasi sastra di Auditorium Fakultas Ilmu Kesehatan UNIB, Rabu-Kamis 20-21/02/2019. Acara tersebut diikuti oleh 80 peserta, yang terdiri dari mahasiswa dan mahasiswi UNIB serta utusan organisasi dilingkungan UNIB maupun pesantren.

Acara yang dibuka langsung oleh rektor UNIB, Bapak Abu yasid, ini berjalan cukup baik, beliau juga mengapresiasi kegiatan BIMTEK ini, karena menurut beliau sastra itu melukiskan kehidupan yang riil. “sastra itu melukiskan kehidupan yang riil” tutur beliau disaat memberi sambutan.

Sedangkan narasumber yang mengisi acara tersebut ada 4 orang yang memang kompeten dalam bidangnya masing-masing. Ada Dr. Tengsoe Thahjanto (UNESA), Bapak Indra (UNAIR), Dr. Akhmad Taufik (UNEJ), Bapak. Hero Patrianto (balai bahasa Jawa Timur). Tujuan acara ini untuk mengembangkan bakat sastra yang ada di lingkungan pesantren.

Dalam acara yang bertema “Afirmasi Sastra Pesantren Melalui Penulisan Krtitik Sastra” itu, peserta tidak hanya diberi teorinya saja, melainkan dibumbui dengan praktek diakhir acara disetiap sesi “dengan model seperti ini peserta bisa langsung praktek membuat karya tulis sastra khususnya puisi dan kritik sastra” tutur Masyhuri selaku ketua panitia pada acara tersebut.

Acara ini ditutup langsung oleh ketua LP2M  UNIB Bapak Harianto “semoga kita bisa mengamalkan ilmu yang telah kita dapat selama dua hari ini” tutur beliau yang juga merangkap menjadi dosen di Fakultas Tarbiyah UNIB, saat menutup acara. (LA_99)/LPMI

Unidha Universitas Ibrahimy - Pondok Pesantren Salafiyah Syafi`iyah - Sukorejo Situbondo Jawa Timur
© 2019 Universitas Ibrahimy Follow Universitas Ibrahimy : Facebook Twitter Linked Youtube