header-int

TIGA FUNGSI PONDOK PESANTREN SALAFIYAH SYAFI`IYAH SUKOREJO SITUBONDO

Kamis, 06 Feb 2020, 07:59:13 WIB - 669 View
Share
TIGA FUNGSI PONDOK PESANTREN SALAFIYAH SYAFI`IYAH SUKOREJO SITUBONDO

KABID. DIKTI UST. MUZAKKIR:

TIGA FUNGSI PONDOK PESANTREN SALAFIYAH SYAFI’IYAH SUKOREJO SITUBONDO

 

SUKOREJO. Kepala Bidang Pendidikan Tinggi Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo Situbondo, Drs. Muzakkir A. Fattah hadir dalam kegiatan pengajian dan silaturrahim Pengasuh Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo Situbondo, KHR. Ahmad Azaim Ibrahimy, M.HI. di Lapas Kelas II B Bondowoso Jawa Timur, Ust. Muzakir hadir bersama Kabag. Dikti, A. Khairuddin, M.Pd.I. dan Dekan Fakultas Dakwah Universitas Ibrahimy Mohamat Hadori, MA. sekaligus melaksanakan monitoring dan evaluasi pelaksanaan Praktik Magang Profesi (PMP) Mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI) selama 35 hari di Lapas Kelas II B Bondowoso Jawa Timur.

Dalam kesempatan tersebut, Ust. Muzakkir menyampaikan bahwa Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo Situbondo sudah berdiri lebih dari satu abad dan perannya ditengah-tengah masyarakat sudah banyak dirasakan, begitupun dengan alumni-alumninya sudah berperasan sesuai dengan kualitas masing-masing, seperti Drs. KH. Salwa Arifin yang juga alumni pondok pesantren yang menjadi Bupati Bondowo.

Dalam sambutannya, Ustadz Muzakkir juga menyampaikan tiga fungsi Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo Situbondo sebagaimana yang pernah disampaikan oleh pengasuh kedua KHR. As’ad Syamsul Arifin dalam beberapa kesempatan. Tiga fungsi tersebut adalah, pertama, “Fungsi Pendidikan”. Pada fungsi ini Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo sudahnya enyelenggarakan pendidikan formal mulai dari tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sampai dengan Perguruan Tinggi dan juga mendirikan beberapa pendidikan cabang, baik dalam kabupaten ataupun diluar kabupaten. Kedua, “Dakwah Islamiyah”. Pada fungsi ini, pesantren Sukorejo menjalankan kegiatan dakwah islamiyah melalui Jam’iyah Nahdlatul Ulama (NU) sebagai organisasi keislaman yang merupakan bagian penting bagi pondok pesantren, selain itu, dakwah islamiyah terus dikembangkan mengikuti perkembangan zaman saat ini.

Kemudian fungsi yang ketiga adalah “Pengabdian kepada Ummat”. Pada fungsi ini, pesantren tentu tidak luput dari peran sertanya sebagai bagian dari masyarakat itu sendiri, sehingga dengan segala potensi yang dimiliki pesantren juga melaksanakan pengabdian, baik melalui KKN, Bakti Sosial, Safari Hukum, Lintas Dakwah, dan kegiatan-kegiatan lain yang melibatkan para ustadz dan santri di lingkungan Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo Situbondo.

Ketiga fungsi inilah yang kemudian berkembang dan dilaksanakan sampai hari ini di bawah kepengasuhan KHR. Ahmad Azaim Ibrahimy, M.HI.

Dalam kesempatan tersebut, Ustadz Muzakkir juga tidak lupa mendo’akan para warga binaan, agar segera terlepas dari segala musibah dan segera mendapatkan kebebasan kemudian berkumpul kembali dengan keluarga.

Dnews Fakultas Dakwah

Unidha Universitas Ibrahimy - Pondok Pesantren Salafiyah Syafi`iyah - Sukorejo Situbondo Jawa Timur
© 2020 Universitas Ibrahimy Follow Universitas Ibrahimy : Facebook Twitter Linked Youtube