header-int

UNIB KEMBALI MENGADAKAN WORKSHOP PENGEMBANGAN KEAHLIAN LULUSAN DAN MOU DENGAN UNUSA

Minggu, 02 Feb 2020, 14:02:23 WIB - 81 View
Share
UNIB KEMBALI MENGADAKAN WORKSHOP PENGEMBANGAN KEAHLIAN LULUSAN DAN MOU DENGAN UNUSA

Dalam rangka menghadapi revoluasi industri 4.0, di mana perguruan tinggi tidak hanya dituntut  membekali lulusannya dengan ijazah, tetapi dilengkapi dengan Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI), sebagai bukti keahlian kerja atau keahlian spesifik yang dimiliki oleh pemegang ijazah. 

Maka hari ini Minggu 02/02/2020 Universitas Ibrahimy kembali mengadakan workshop Pengembangan Sertifikasi Keahlian Lulusan. Kegiatan ini merupakan lanjutan dari kegiatan workshop Pengembangan Kurikulum yang dilaksanakan pada hari Sabtu-Minggu 25-26/01/2020 sebelumnya.

Pada kesempatan kali ini, Universitas Ibrahimy mendatangkan Prof. Dr. Ir. Ahmad Jazidie,  M.Eng. sebagai narasumber.  

Profesor yang sedang menjabat sebagai rektor Unusa ini menjelaskan bahwa pengelolan perguruan tinggi harus berubah kearah yang lebih serius. 

"Ada tiga hal yang menjadi motivasinya: Pertama,  ke depan prioritas lowongan pekerjaan akan mendahulukan kemampuan individu, bukan lagi latar belakang pribadi. Kedua, revolusi teknologi, di mana segala kebutuhan mulai tergantung dengan internet. Ketiga, ke depan kompetitor lembaga pendidikan bukan hanya dari dalam negeri tapi juga dari luar negeri, menyusul ratifikasi pemerintah terhadap kemungkinan masuknya perguruan tinggi asing". Ungkap beliau dalam penjelasannya.

Belia menambahkan bahwa kita  juga perlu menyeriusi mutu perguruan tinggi. Bahkan perlu dijadikan kendaraan utama dalam pengelolaan perguruan tinggi. 

"Inti pengelolaan Perguruan Tinggi adalah mutu, pengelolaan Perguruan Tinggi  tidak boleh main-main. Kalau PT kita tidak bermutu maka akan dtinggal oleh masyarakat". Demikian rektor yang juga mantan Dirjen Dikti ini menambahkan.

Kegaiatan workshop kali ini ditutup dengan  penandatanganan MoU antara Unib dengan Unusa dalam hal Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM).

Pewarta: Af.

Unidha Universitas Ibrahimy - Pondok Pesantren Salafiyah Syafi`iyah - Sukorejo Situbondo Jawa Timur
© 2020 Universitas Ibrahimy Follow Universitas Ibrahimy : Facebook Twitter Linked Youtube