header-int

Universitas Ibrahimy tingkatkan pelayanan dengan G suite for Education

Selasa, 27 Okt 2020, 16:45:39 WIB - 60 View
Share
Universitas Ibrahimy tingkatkan pelayanan dengan G suite for Education

Apa itu G suite for Education?

Pengertian G Suite for Education adalah sebuah produk dari Google berupa seperangkat alat produktivitas dan kolaborasi dengan sistem google cloud untuk sekolah/perguruan tinggi dan lembaga pendidikan termasuk staff, guru/dosen dan juga siswa/mahasiswa untuk memudahkan sistem belajar mengajar yang lebih baik.

 

Layanan G Suite for Education :

1. Google Kelas (Classroom)

Google kelas merupakan perangkat utama dari g suite for education dimana perangkat ini adalah sebuah alat yang dapat digunakan oleh guru dan murid untuk mengatur kegiatan kelas seperti membuat kelas, mengirim tugas ke seluruh siswa, mengirim saran dan yang paling penting semuanya dilakukan dalam satu tempat , instant dan tanpa kertas.

2. Gmail

Dengan G Suite for Education anda akan mendapat fasilitas email dari Google termasuk 30 GB storage lalu perlindungan data yang sangat aman dari google dan yang paling menarik adalah nama email anda akan sesuai dengan nama lembaga pendidikan anda. Jika biasanya menggunakan akun gmail yang gratis maka formatnya nama@gmail.com dengan menggunakan G Suite for Education maka formatnya menjadi nama@sekolahanda.com .

3. G Drive

Google juga menyediakan tempat penyimpanan data untuk seluruh kebutuhan pendidikan anda. laptop/ komputer anda tidak akan kehabisan memori karena terlalu banyaknya data yang anda simpan karena dengan google drive semua data anda akan disimpan di penyimpanan milik google yang keamanannya pun sangat terjaga dan terjamin.

4. Kalender

Dalam G Suite for Education kalender yang disediakan bukan hanya untuk menunjukan tanggal , bulan , dan tahun. Banyak sekali kemudahan yang dapat digunakan untuk menunjang pendidikan anda. Yaitu, mengatur jadwal meeting anda lalu dengan mengundang peserta meeting maka semua guru yang diundang akan menerima email undangan sehingga anda tidak perlu lagi menghubungi satu persatu .

5. Hangout

Google hangout adalah fasilitas dari Google for education untuk melakukan chat, video call atau video call secara group. Sehingga ketika anda sebagai kepala sekola sedang berada diluar kota dan perlu mengadakan meeting cukup menggunakan Hangout maka meeting sudah bisa dilakukan.

6. Google Office (Docs, Spreadsheet, Slide)

Yang membedakan google office dengan produk yang selama ini kita gunakan adalah google office dapat dilakukan dengan berkolaborasi. Maksutnya misal ada tugas sekolah yang dilakukan secara berkelompok maka cukup buat satu file baru lalu undang semua anggota kelompok maka secara bersamaan mereka semua dapat langsung mengerjakan tugas tersebut.

7. Google Site

Google site merupakan fasilitas dari g suite for education untuk membuat website sekolah anda. Anda dapat mengatur isi kontennya, menunya, dan desainnya dengan keinginan anda sendiri.

 8. Google Vault

Google vault berfungsi untuk mengarsipkan semua data anda seperti email, g drive , chat dan lainnya sehingga anda tidak perlu merasa khawatir jika ada kehilangan data dan sebagainya karena google vault dapat menyimpan data anda .

Unidha Universitas Ibrahimy - Pondok Pesantren Salafiyah Syafi`iyah - Sukorejo Situbondo Jawa Timur
© 2020 Universitas Ibrahimy Follow Universitas Ibrahimy : Facebook Twitter Linked Youtube